20 Cara Mengajar, Ala Nabi Muhammad, sangat cocok untuk Guru PAUD : silakan download di sini
atau baca dulu uraian berikut.
atau baca dulu uraian berikut.
Banyak para Ahli baik ahli dalam negeri maupun luar negeri mengemukakan
banyak pendapat, teori dan temuan tentang berbagai metode, teknik mengajar
untuk seorang guru.
Namun metode mengajar yang diajarkan Rasulullah, Muhammad
SAW, berikut ini cukup menjadi pegangan,
efektif dan menyenangkan bagi semua guru di semua tingkatan pendidikan.
Apa Saja ?
Berikut ini adalah 20 Metode Mengajar Bagi Guru yang Efektif
dan Menyenangkan dan berlaku global atau universal untuk semua guru semua
tingkatan usia anak mulai dari Guru PAUD, sekolah dasar, sekolah menengah,
sekolah atas bahkan universitas.
Metode mengajar anak semua usia laki-laki maupun perempuan ini diajarkan oleh Rasulullah Muhammad SAW dan diambil dari buku karangan Dr. M. Syafii Antonio, M. Ec yang berjudul "Muhammad SAW The Super Leader Super Manager"
Bagi guru anak usia dini dapat mengaplikasikan metode mengajar ala rasulullah saw kepada anak didiknya sehingga perkembangan anak menjadi sangat optimal. Silahkan dicoba metode mengajar yang baik dan menyenangkan ini ayah bunda:
Metode mengajar anak semua usia laki-laki maupun perempuan ini diajarkan oleh Rasulullah Muhammad SAW dan diambil dari buku karangan Dr. M. Syafii Antonio, M. Ec yang berjudul "Muhammad SAW The Super Leader Super Manager"
Bagi guru anak usia dini dapat mengaplikasikan metode mengajar ala rasulullah saw kepada anak didiknya sehingga perkembangan anak menjadi sangat optimal. Silahkan dicoba metode mengajar yang baik dan menyenangkan ini ayah bunda:
Apa yang harus dilakukan seorang guru dalam
mengajar metode mengajar agar tidak membosankan ikuti metode mengajar ala
nabi Muhammad saw ini.
1. Learning Condioning: Meminta diam
untuk mengingatkan, menyeru secara langsung perintah untuk menyimak dan diam
dengan cara tidak langsung.
2. Active Interaction: Interaksi
pendengaran yang pertama adalah teknik bicara, usahakan tidak bertele-tele pada
ucapan, dan tidak terlalu bernada puitis, memperhatikan intonasi diam sebentar
ditengah-tengah penjelasan. Yang kedua adalah gunakan eye contact atau tatapan
mata dalam mengajar, memanfaatkan ekspresi wajah, dan tersenyum.
3. Applied Learning: Metode praktikum
yang diterapkan oleh guru dan dilakukan oleh murid.
4. Scanning and
Levelling: Memahami siswa secara individu sesuai tingkat kecerdasannya.
5. Discussion and
feedback: Metode yang logis dalam memberikan jawaban dan membuat contoh
sederhana yang mudah difahami.
6. Story Telling: Menggunakan
metode bercerita.
7. Analogy and Case
Study: Memberikan perumpamaan dan study kasus nyata di sekitar kehidupan.
8. Teaching and
Motivating: Mengajar san juga memotivasi sehingga meningkatkan gairah belajar dan
rasa keingintahuan yang tinggi.
9. Body Language: Gunakan bahasa
tubuh sehingga Membuat penyampaian bertambah terang, lebih jelas, menarik
perhatian siswa dan membuat makna yang dimaksud melekat pada pikiran. Hal ini
akan mempersingkat waktu mengajar ayah bunda karena siswa cepat faham.
10. Picture and Graph
Technology: Dalam mengajar terutama anak usia dini gunakanlah alat peraga.
Penjelasan yang ayah bunda sampaikan akan diperkuat dengan gambar dan tulisan
secara kongkrit.
11. Reasoning and
Argumentation: Mengungkapkan alasan akan memperjelas sesuatu yang sulit dan berat
agar difahami oleh siswa.
12. Self Reflection: Memberi
kesempatan kepada siswa untuk menjawab sendiri suatu pertanyaan agar siswa
dapat mengoptimalkan kerja otak dan mengasah pikiran. Sebagai guru, ayah bunda
tidak boleh semena-mena menyatakan bahwa jawaban anak salah meskipun memang
salah.
13. Affirmation and
Repetition: Pengulangan kalimat dan ucapan nama.
14. Focus and Point Basis: Mneggunakan
teknik berdasarkan rumusan-rumusan besar atau poin akan membantu siswa dalam
menyerap ilmu dan menjaganya dari lupa.
15. Question and Answer
Method: Teknik bertanya untuk menarik perhatian siswa dan membuat siswa siap
terhadap apa yang akan disampaikannya.
16. Guessing with
Question: Berikan tebakan sambil bertanya, hal ini penting untuk memperkuat
pemahaman dan memperbesar keingintahuan.
17. Encouraging Student to
Ask: Guru memberikan kesempatan dan motivasi kepada siswa untuk berani
mengajukan pertanyaan; bertanya dapat menghapus kebodohan serta memperbaiki
pemahaman dan pemikiran dan menjadi alat evaluasi guru atas cara
penyampaiannya.
18. Wisdom and Answering
Question: Menyikapi siswa yang mengajukan pertanyaan sesuai dengan tingkat
pengetahuannya, menyikapi si penanya dengan sikap yang bermanfaat baginya.
19. Commenting Student
Answer: Memberikan komentar terhadap jawaban siswa.
20. Honesty: Seorang guru
harus menanamkan sikap mulia berani mengakui ketidaktahuan ke dalam diri
siswanya. Ucapan 'aku tidak tahu' adalah bagian dari ilmu.
Silakan Download 20 Cara Mengajar, Ala Nabi Muhammad, sangat cocok untuk Guru PAUD disini
Sumber link : http://paudjateng.xahzgs.com/








